About

Pages

18 Apr 2012

Mengusik Dominasi Aceh, Mungkinkah?

Gami' -Sumatera Cup tahun ini berpotensi mengantarkan salah satu organisasi kekeluargaan Sumatera meraih dua bintang juara. Pasalnya, tiga dari empat semi-finalis yang akan merebut tiket mubaraat nihaa'i 23 April mendatang sudah pernah menjadi kampiun masing-masing satu kali,kecuali Aceh.

Sumatera Cup Pertama 2003,Lancang Kuning langsung menyematkan diri menjadi yang terbaik setelah menang1-0 di partai final lewat sundulan Ali Oncom ke gawang Jambi, waktu itu namanya Angso Duo sebelum akhirnya berubah menjadi Laskar Siginjay.

Berikutnya giliran Sriwijaya FC (Kemass) menggondol tropi pada tahun 2004. Aceh yang melaju ke partai puncak tahun berikutnya, harus merelakan Toba FC (Medan) mengangkat Piala Sumatera lewat drama adu penalty pada tahun 2005.

Ketika KPTS menjadi tuan rumah Sumatera Cup IV di Qattameya, barulah tim sangar Aceh meraih tropi pertama mereka setelah mengandaskan Lancang Kuning FC di partai Final. Lapangan Qattameyya saat itu belum bagus seperti sekarang, itulah kenapa -mungkin- LKFC tunduk 0-2 lewat bola mati dan menyerahkan gelar juara ke para pemain serambi Mekah.

Aceh ternyata ketagihan dengan kembali menggondol tropi Sumatera Cup V (2008) di lapangan Buuts saat Palembang jadi tuan rumah. Tiga gelar berturut-turut hampir di dapat Aceh andai saja Minang Saiyo FC tak merebutnya pada saat Aceh bertindak sebagai penyelenggara 2009.

Pada tahun 2010, KSMR mendapat kehormatan untuk menyelenggarakan Sumatera Cup VII. KSMR dengan Lancang Kuning-nya bermain cukup baik, tapi sayang kandas di semi final saat meladeni Iskandar Muda (Aceh) yang belakangan keluar sebagai Juara untuk yang ke tigakalinya selama 7 kali perhelatan.

Tiga tim yang masih belum mencicipi gelar Sumatera adalah KPTS, IKMAL, & KMJ. Ikmal sendiri baru berpartisipasi pada Sumatera Cup VII 2010, dan sebelum mekar masih mengindukpada satu payung organisasi, Kemass. Sebelum Sumatera Cup 2010, tuan rumah, atas kesepakatan organisasi se-Sumatera, mengundang tim kekeluargaan lain atau tim dari daerah untuk menyempurnakan pembagian group.

Kita tunggu, apakah akan ada tim yang meraih 2 bintang Sumatera tahun ini, atau Iskandar Muda akan berdiri sendiri dengan kepala tegak merengkuh gelar keempat, semoga LKFC bisa!

0 komentar:

Posting Komentar